• #

Krisis Anggaran Pengaruhi Kinerja Bawaslu

'

Konfrontasi - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum RI, Endang Wihdatiningtyas mengatakan, krisis anggaran akan mempengaruhi kinerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

"Kita tidak menjamin pengawasan pelaksanaan pemilihan gubernur/bupati dan wali kota nantinya bisa berjalan dengan baik, hal itu karena terbatasnya anggaran yang disediakan pemerintah," katanya kepada wartawan di Sampit, Rabu (20/5).

Berdasarkan hasil pendataan Bawaslu RI, dari 260 pemilihan bupati, wali kota dan sembilan pemilihan gubernur ada yang belum optimal anggarannya.

Bahkan masih ada daerah yang masih memprihatinkan dalam menyediakan anggaran yang dibutuhkan Bawaslu, terutama untuk pelaksanaan pemilihan gubernur.

Menurut Endang, besarnya anggaran yang dibutuhkan oleh Bawaslu karena kebutuhan pengawas sekarang sampai pada tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

"Itu baru dari sisi sumber daya manusianya (SDM) aparatnya, dan setiap petugas harus diberi uang kehormatan, belum nanti biaya untuk sosialisasi, pelatihan atau bimbingan teknik, kemudian untuk tahapan di masing-masing kabupaten dan persiapan PHPU dan semua itu butuh anggaran," katanya.

Bagi daerah yang sampai saat ini belum beres masalah anggaran untuk Bawaslu maka akan dilaporkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kami tidak ingin hanya karena gara-gara anggaran tidak cukup tahapan tidak bisa diawasi sampai selesai," katanya.

Jika masalah anggaran tetap tidak ada solusi atau menemui jalan buntu, maka Bawaslu akan bekerja menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

"Yang jelas kami akan tetap bekerja sesuai dengan tugas, kami juga telah menyampaikan kepada aparat kami jangan sampai ada yang demonstrasi atau mogok kerja gara-gara tidak ada anggaran," ucapnya.

Dalam menjalan tugas, Bawaslu lebih mengedepankan pengabdian dan akan mengkomunikasikan secara baik-baik sesuai tingkatannya dengan melakukan advokasi. "Kalau di kabupaten yang kurang, maka yang provinsi melakukan advokasi dan jika provinsi yang kurang maka Bawaslu RI yang melakukan advokasi," katanya. (rol/ar)
- See more at: http://www.konfrontasi.com/content/politik/krisis-anggaran-pengaruhi-kinerja-bawaslu#sthash.vcNWTDu6.dpuf

'

Tentang Bawaslu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat Bawaslu) adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Alamat: Jl. H.M Thamrin RT. 24 RW. 10 Sangkit Tanjung Selor 77212 Kalimantan Utara
Telpon: -, Fax. -
Email: bawaslukaltara@gmail.com

Flickr PhotoStream